Jumat, 08 Juni 2012

Kelegaan Pasca Sidang Progres

Alhamdulillah.... Finally hari ini, 8 Juni 2012 saya udah bisa ngelewatin sidang progres.
It means satu lagi langkah menuju 105 sudah terlewati. Bismillah... InsyaAllah pasti bisa :)

Kalender Deadline TA-ku
Rasanya amat sangat lega bisa sampe sidang progres kaya sekarang, kalo ingat bulan MEI lalu rasanya banyak banget shocking moment yang bikin galau bin ragu sama 105. Mulai dari  (1) berita dosen pembimbing TA yang cuma satu-satunya sedang hamil tua dan ada kemungkinan tidak bisa hadir waktu sidang akhir, (2) kaget liat kalender yang nunjukin waktu pengerjaan TA yang semakin sedikit, sekaligus kecewa hampir dua bulan lewat gitu aja tanpa dimanfaatin dengan baik buat TA, (3)  masih bingung sama metode dan implementasi ke kodingan program, (4) susahnya nemuin dosen pembimbing yang mulai jarang ke kampus. Hiks hiks hiks.

Semuanya bikin ga tenang dan kepikiran terus. Berhari-hari gabisa tidur nyenyak, ngapa-ngapain juga ga tenang, kebayang terus kerjaan dan rasa takut ga bisa nyelesain tepat waktu. Ini sempet bikin saya agak stress juga sih benernya. Sampe-sampe semua penyakit datang. Ya kurang lebih dua minggu ini, penyakit terus gantian datang, mulai dari masuk angin, maag, diare, pusing, radang tenggorokan, radang amandel, sampe ada benjolan kecil di atas alis sebelah kanan yang tiba-tiba muncul dan hilang sendiri.

Hari selasa lalu, setelah seminggu gagal ketemu buat bimbingan sama dosen pembimbing, saya beranikan diri untuk bimbingan via email. Ternyata email saya langsung dibalas dan hasilnya kebingungan saya pun terjawab :). Dan hari itu juga dosen pembimbing saya sms minta saya siap-siap progres karena sudah dijadwalkan untuk sidang hari Jumat. Duaaaar!!! Saya belum siap! Apa yang mau diprogresin?? Waktu itu agak sebel juga sama beliau, susah mau ketemu tiba-tiba nyuruh maju, tapi saya juga coba ngerti keadaan beliau. Dan saya pikir kalau saya ga progres sekarang, kapan lagi, mengingat waktu yang semakin mepet dan kondisi beliau yang akan segera melahirkan. Jadi nekatlah saya mengiyakan untuk sidang progres pada hari jumat dan ngebut nyusun buku dalam dua malam (tidak patut ditiru) :P.

Kalau dipikir-pikir saya beruntung beliau jadi pembimbing saya. Dalam kondisi beliau saat ini, beliau tetap berusaha menjalankan tanggung jawabnya meskipun dengan segala keterbatasan. Beliau juga adalah orang yang percaya dengan kemampuan orang lain. Ketika saya merasa tidak mampu, kepercayaan beliau lah yang memotivasi saya untuk membuktikan bahwa saya memang mampu. Terimakasih ya bu :) Dan kondisi beliau juga cukup menguntungkan buat saya, karena kondisi beliau cukup memaksa saya untuk mengerjakan dengan lebih cepat agar bisa menyesuaikan dengan waktu kehadiran beliau. Semangaaat 105!!!


Nah itu tadi cerita luapan kelegaan saya setelah berhasil melawan kegalauan untuk sidang progres. Di postingan berikutnya, saya akan coba menuliskan tips-tips dalam menghadapi Tugas Akhir berdasarkan pengalaman saya. ^^


2 komentar:

  1. teharu sendiri bacanya.
    bismillah 105 ya kita mate :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terharu jare :))
      emang bulan kmaren aku udh hopeless bgt sih :((
      tapi ya Alhamdulillah bisa juga sidang progress :D
      iyaaak semangaaat ya bel, kita bisa!!!

      Hapus