Rabu, 12 September 2012

Tips Menghadapi Tugas Akhir


Waaah akhirnya selesai juga postingan ini. Hehehee.. Rencananya sih udah lama, mulai nulisnya juga. Tapi rasanya kurang afdol aja gitu ya kalo ngepost tips ini sebelum yg nulis nyelesain Tugas Akhirnya sendiri Bwahahaaa... Kalo skrg Alhamdulilaaah yaa udah luluuus ;D

Oke seperti yang udah pernah saya janjiin beberapa waktu lalu, saya mau ngasih tips-tips buat menghadapi Tugas Akhir. Tips-tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman ya. Mungkin nggak sepenuhnya berlaku buat kalian. Dan kalau ada yang mau nambahin, monggo dituliskan di komentar ya. By the way, semoga tips ini bermanfaat buat semua yang baca. Khususnya buat teman-teman di Sistem Informasi ITS yang akan segera menempuh tugas akhir. :)

  • Cari dosen pembimbing yang sesuai
Kuliah ± 3 tahun, pastinya bikin kita kenal sifat dan karakter dosen di kampus. Nah cari dosen pembimbing yang menurut kamu sesuai buat kamu. Jangan langsung percaya sama komentar2 senior soal gimana pengalamannya jadi bimbingan dosen yang ini atau yang itu. Tanya sih boleh aja buat masukan kita. Tapi dosen yg nggak cocok sama orang lain, belum tentu nggak cocok sama kamu, dan gitu juga sebaliknya.
Kamu sendiri yang tau bagaimana sifat dan karakter kamu, jadi kamu sendiri juga yang bisa nentuin dosen mana yang cocok sama kamu. Ini penting karena beliau lah yang nantinya akan membantumu dengan memberi saran dan masukan untuk tugas akhirmu, beliau juga bisa menjadi motivator buat kamu loh. Dan jangan pernah berpikir kalau dosen pembimbing akan membantumu mengerjakan TA-mu secara langsung, seperti yang pernah dibilang sama salah satu dosen favorit saya, Bu Mahendrawathi, "Tidak ada dosen yang akan mengerjakan TA-mu!"
Oya usahakan punya dua dosen pembimbing. Jadi kalau salah satu sedang berhalangan, masih ada dosen yang bisa mewakili.

  • Cari topik jauh2 hari
Kalau mau lulus 3,5 tahun, di akhir semester 6 kamu sudah harus punya bayangan topik apa yang mau kamu ambil. Kalau buat lulus 4 tahun, paling nggak di akhir semester 7 kamu harus sudah punya topik, bahkan lebih bagus kalau sudah mulai nyicil proposal TA.
Sebaiknya cari topik yang kamu kuasai supaya memudahkan kamu ngerjain. Kalau pun kamu nggak menguasai topik, paling tidak kamu harus punya minat yang cukup besar pada topik itu, jadi kamu punya semangat buat belajar dan mengerjakannya.

  • Tentukan tanggal-tanggal penting
Bikin kalender deadline TA dan tempel di kamar. Tuliskan tanggal-tanggal penting disitu. Jadi kamu punya target kapan harus sidang, kapan maximal sidang, dan moment2 TA penting lainnya. Ini bikin kamu nggak terlena dengan waktu dan ingat terus sama TAmu.

  • Prepare TOEFL
Berhubung TOEFL adalah salah satu syarat kelulusan, bahkan sekarang syarat untuk mengikuti sidang akhir. Usahakan menyiapkannya di semester sebelum kamu mengerjakan TA. Kalau saat mengerjakan TA kamu sudah lulus TOEFL. Pikirannya bisa fokus ke TA, dan nggak terbagi buat mikirin TOEFL lagi.

  • Kenali tubuhmu dan Jaga Kesehatan
Banyak teman-teman yang sering begadang untuk mengerjakan TA. Ini tentunya nggak baik buat kesehatan. Jangan biasakan begadang, kecuali memang terpaksa, kamu punya banyak waktu di siang hari yang bisa dimanfaatkan buat ngerjain TA.
Kalau lihat ada teman yang semangat mengerjakan TA hingga larut malam, bukan berarti harus kamu ikuti juga. Kamu nggak perlu menyamakan kemampuan tubuhmu dengan orang lain, karena kapasitas tubuhmu berbeda dengan orang lain. Kenali kondisi tubuhmu, dan jangan memaksakan diri! Kalau memang kamu sudah merasa capek, itu artinya kamu butuh istirahat. Jangan tunggu sampai sakit!

  • Jaga motivasi buat mengerjakan TA
Untuk beberapa orang, ngerjain TA itu perlu motivasi dari orang lain. Entah orang tua, pacar, teman atau dosen pembimbing sendiri. Lebih baik lagi sih kalau motivasi itu datang dari teman yang sama-sama sedang mengerjakan TA, jadi kalian bisa saling mengingatkan dan memberi semangat. Tapi sebaik-baiknya motivasi dari orang lain, motivasi yang paling utama asalnya dari diri kamu sendiri. Jadi pintar-pintar menjaga motivasimu ya.

  • Sering-sering ke lab TA / kampus
Biasanya teman-teman yang lagi ngerjakan TA tanggungan mata kuliah lainnya tinggal sedikit, bahkan banyak yang tinggal TA aja. Ini sering bikin males-malesan ke kampus karena udah nggak ada kuliah. "Padahal dulu maunya cepet-cepet ngabisin mata kuliah lain biar TAnya fokus, tapi ujung-ujungnya malah jadi males karena nggak ada tanggungan kuliah lain" -____-'
Padahal di kampus, khususnya di lab TA, kamu bisa dapat banyak informasi. Kamu juga akan lebih semangat mengerjakan TA karena teman-teman yang lain juga sedang mengerjakan. Selain itu kamu juga bisa berdiskusi dengan teman-teman yang mengambil topik serupa dengan topikmu. Apalagi di lab TA juga kan sudah disediain seperangkat komputer untuk mengerjakan TA, jadi tinggal manfaatkan sebaik-baiknya.


Well itu aja sih yang bisa saya sampain dari pengalaman waktu Tugas Akhir kemarin. Sekali lagi semoga bermanfaat buat kalian dan tetap semangat sama Tugas Akhirnya yaaa!!!  ;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar